Kamis, 10 Januari 2008

Pemerintah Seharusnya Berperan Penuh Dalam Pendidikan

Rancangan Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (RUU BHP) bertujuan untuk menggantikan peran pemerintah dalam mengelola sepenuhnya berbagai lembaga pendidikan yang terdapat di Tanah Air, kata seorang pakar.

"RUU BHP dapat dimaknai sebagai gejala privatisasi, karena terdapat unsur berkurangnya tanggung jawab negara terhadap bidang pendidikan," kata Direktur Institute for Education Reform (IER) Universitas Paramadina, Utomo Dananjaya, di Jakarta, Jumat.

Menurut Utomo, pemerintah seharusnya berperan penuh dalam pengelolaan pendidikan, apalagi Indonesia memiliki sekitar 200 ribu lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga pergurutan tinggi.

Ia juga berpendapat adanya gejala privatisasi ini dipengaruhi oleh gerakan liberalisasi dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Padahal, apakah ilmu pengetahuan itu layak untuk diperdagangkan?" katanya.

Utomo mengatakan permasalahan teknis yang muncul bila RUU BHP diberlakukan antara lain pengubahan status pemilik lembaga pendidikan seperti yayasan dan badan wakaf menjadi sebuah BHP.

Ketua Tim Perumus (Timus) RUU BHP, Prof Dr Anwar Arifin mengakui bahwa RUU BHP mendapat penolakan dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa dan penyelenggara atau pengelola yayasan pendidikan.

Namun, lanjutnya, DPR berusaha memperhatikan aspirasi mereka dan menempatkan RUU BHP sebagai ketentuan hukum yang tidak merugikan mahasiswa dan penyelenggara pendidikan.

Anwar menegaskan, dalam RUU BHP, DPR menggariskan bahwa pendanaan bagi perguruan tinggi tidak bisa dilepaskan dari peran pemerintah melalui APBN.

"Negara tidak boleh lepas tangan terhadap pendanaan bagi penyelenggaraan pendidikan," tegasnya.

Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), katanya, pemerintah harus tetap menyediakan pendanaan sekurang-kurangnya 2/3 dari seluruh dana operasional yang dibutuhkan setiap PTN. Sedangkan pungutan dari mahasiswa sebanyak-banyaknya 1/3 dari biaya yang dibutuhkan.

Rencananya, pembahasan mengenai RUU BHP akan dituntaskan pada masa persidangan DPR awal tahun 2008.

Kasus yang ada diatas nih adalah sebuah contoh bentuk dimana masalah yang sedang dialami indonesia dalam bidang pendidkan masih sangat menjamur 
biaya yang kadang juga menjadi masalah yang dimana dana yang diberikan masih belum mencukupi dan kadang banyak "tikus-tikus" nakal yang memakannya.
hehehee.....
sudah jadi tradisi juga ya....
Gimana mau sekolah kitanya?????

9 komentar:

micheal Hin mengatakan...

haaaaaaaaaa,, pendidikan itu namanya nyentauw2,

lamhot mengatakan...

sekarang ini yang namanya pendidikan di indonesia sangat2 sulit.banyak celotehan2 dari para orang2 yang berkecimpung dalam dunia pendidikan bahkan"mandi"didunia pendidikan yang sampai sekarang masih"mandi"saja tanpa"berhanduk"(ada penyelesaian).menurut and bagaimana penyelesaian masalah"mandi"ini?

Lily mengatakan...

Duh.. Emank si pemerintah dah incar2ny promosiin pendidikan penuh, tp kenyataanny masi byk anak2 tu yang putus sekolah ditengah jln n yg ga sekolah n jd gelandangan..
So. pemerintah dianggap membantu byk ato kaga ya??

Soediono mengatakan...

wahahaa pendidikan emank harus didukung oleh pemerintah. tapi perlu juga kesadaran masyarakat untuk pendidikan itu sendiri.
Hoho btw bagaimana menurut Anda mengenai pendidikan untuk membuat komik.
coba lihat deh blog saya mengenai komik
di Lenz-the-eyes.blogspot.com

Vini mengatakan...

pendidikan emang penting friend...

Evi mengatakan...

salah satu cara untuk mengembangkan negara ini adalah meningkatkan pendidikan di negeri ini. jika pendidikan tdk di tingkatkan maka negara kita jg tdk bisa meningkat lbh maju.pemerintah adalah salah satu pelopor negara untuk mengembangkan pendidikan kita. jadi apagunanya kita jika kita tdk memiliki pendidikan yang dapat mengembangkan masa depan kita nantinya.hheheee333

aug mengatakan...

Mnurut loe Pemerinth qta ud peran penuh blm yach??Abizz gw heran, msh byk yg lbh milih study abroad

Finy mengatakan...

waah pemerintah n pendidikan mmg erat kaitannya. Yg g harapin tuh pemerintah gak selewengin aja dana buat penddkn..^o^

liz_loveness mengatakan...

pendidikan???? penting bgt, so kita hrs pny smgt buat pendidikan.....
lo pny tips gk bgmn setiap mempunyai ht utk membantu org2 yg gk mampu buat mengejar pendidikan.sp tau stlh bc tips dr lo, byk hati yg tersentuh hehehe